Pengertian dan Manfaat Digital Marketing

2 minutes, 42 seconds Read

Pengertian Digital Marketing

Digital marketing menjadi solusi bagi marketing dalam memasarkan produk nya via internet atau online, dan dapat dikatakan sebagai bentuk pemasaran yang memanfaatkan internet dan teknologi digital, seperti komputer dan smartphone untuk terhubung dengan pelanggan. Tujuannya untuk menjangkau lebih banyak calon konsumen, meningkatkan kesadaran merek, mendorong penjualan, dan mempromosikan barang dan jasa.

Digital marketing di era sekarang kok banyak dicari dan dibutuhkan ya?

Faktanya pengguna internet selama 2 dekade terakhir mengalami peningkatan sekitar 62%, dimana pengguna aktif internet di dunia saat ini sekitar 5,3 miliar orang. Inilah yang menjadi pemicu digital marketing sangat penting, makin banyak orang terhubung ke internet, maka meningkat segala kegiatan secara online.

Manfaat Utama Digital Marketing

  1. Target pasar dapat disesuaikan

Menggunakan berbagai tool digital marketing yang telah didesain sedemikian rupa, Anda bisa memperoleh data yang akurat tentang kebiasaan dan preferensi pengguna terkait segmen pasar tertentu, atau terkait produk dan jasa yang Anda tawarkan. Jangkauannya tepat sasaran, sebab Anda bisa membidik audiens secara spesifik. Mulai dari wilayah, umur, gender, hingga detail lainnya.

Dari sini, Anda pun bisa menyusun strategi yang paling sesuai untuk pasar yang Anda target sehingga penerapannya bisa lebih efektif.

  • Biaya lebih Hemat

Mungkin Anda penasaran, berapa sih biaya yang diperlukan untuk memulai digital marketing? Tenang, biayanya tidak mahal kok. Sebab, salah satu kelebihan digital marketing adalah hemat. Bahkan, Anda bebas menentukan budget sendiri, lho. Budget yang perlu Anda keluarkan untuk pemasaran digital jauh lebih murah dibandingkan strategi pemasaran tradisional. Anda tidak perlu mencetak poster, atau membuang-buang dana untuk iklan yang tidak efektif atau bertarget.

  • Meningkatkan reputasi brand

Sudah pasti, dengan semakin banyaknya pengguna Internet dan platform online, Anda bisa meningkatkan reputasi brand melalui pemasaran digital.

Tidak hanya itu digital marketing adalah salah satu cara ampuh untuk memperkuat brand awareness. Brand awareness sendiri merupakan rasa familier yang dimiliki pelanggan atas sebuah produk atau jasa.

Dengan menerapkan pemasaran digital, bisnis Anda akan lebih mudah ditemukan calon konsumen. Apalagi jika halaman review produk Anda dipenuhi ulasan yang bagus. Tentunya mereka akan merasa yakin bahwa brand Anda bisa dipercaya.

  • Pengerjaan lebih cepat dan bisa request

Manfaat digital marketing adalah waktu eksekusinya yang lebih singkat dibanding pemasaran konvensional. Bahkan, Anda bisa menjalankannya dalam waktu harian saja. Contoh nya seperti dibawah ini :

AktivitasWaktu
Merancang konten dan design iklan3 hari
Mempublikasikan di website1 menit
Mengatur iklan online1 jam
Menunggu review iklan online1 hari
Total Waktu4 hari 1 jam 1 menit

Ga butuh waktu lama kan? Kurang dari seminggu saja Anda sudah dapat meluncurkan kampanye pemasaran digital. Tidak hanya di satu channel, melainkan berbagai saluran marketing. Baik Facebook, Instagram, Google, dsb.

  • Meningkatkan ROI perusahaan

Kesuksesan pemasaran digital dapat dilihat dari return of investment (ROI). ROI adalah persen profit yang diterima perusahaan setelah menginvestasikan uang dengan besaran tertentu.

Kabar gembiranya, manfaat digital marketing adalah memudahkan Anda mengukur ROI perusahaan. Sebab, Anda bisa melakukan performance tracking dari setiap marketing campaign. Dengan begitu, gampang untuk melihat berapa besar pengeluaran dan hasil yang perusahaan terima.

Jadi, Digital marketing merupakan…

Setelah membaca pengertian dan manfaat digital marketing, kami yakin Anda pasti merasa bahwa digital marketing adalah strategi pemasaran yang benar-benar ampuh. Apalagi, teknologi digital yang ada di sekitar kita saat ini makin canggih, dengan pengguna yang kian bertambah di seluruh dunia.

Jadi, cobalah luangkan waktu Anda untuk belajar digital marketing dan meningkatkan skill di bidang ini agar bisnis yang Anda kelola kian moncer, serta menghasilkan lebih banyak konversi.

Similar Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *