Cara Membuat Jurnal di Open Journal System

author
1
2 minutes, 26 seconds Read

Jurnal Elektronik kini menjadi sesuatu yang lumrah di internet. Saat ini Anda tidak perlu bingung jika ingin membuat jurnal secara online karena sudah ada CMS (Content Management System) bernama Open Journal System yang memudahkan penulisan dan pendistribusian jurnal. Pada artikel ini Anda akan belajar cara membuat jurnal di Open Journal System.

Sistem jurnal terbuka (OJS) adalah tempat, platform atau content management system untuk pengelolaan online jurnal ilmiah yang dapat Anda gunakan secara personal. CMS ini bersifat open source di bawah Lisensi Publik Umum GNU, yang berarti Anda bebas menggunakan, memodifikasi, dan menjelajahi sistem manajemen konten ini. OJS kompatibel dengan mesin pencari Google sehingga dapat diindeks dengan baik dan memudahkan Anda untuk meningkatkan peringkat situs web Anda.

Ada beberapa tingkatan pengguna dalam OJS, yaitu:

  1. Administrator.
  2. Journal Manager.
  3. Editor.
  4. Author.
  5. Reader.

Pembaca. Kelima level ini memiliki peran dan kekuatan masing-masing sesuai dengan akses yang dapat dimiliki oleh setiap pengguna. Tidak jauh berbeda dengan WordPress, jika Anda adalah seorang administrator atau pemilik situs yang memiliki kontrol penuh atas situs tersebut, pikirkan kembali siapa yang memiliki kewenangan untuk menjadi administrator atau pengelola majalah lain dengan akses ke hampir semua fungsi, karena ini juga dapat menentukan keamanan situs web milikmu

Sistem manajemen konten ini sangat membantu berbagai instansi untuk membuat jurnal terbuka yang terbuka untuk umum guna mengedukasi lebih banyak orang. Jika Anda memutuskan untuk membangun website dengan CMS OJS, Dewaweb siap mendukung Anda dengan berbagai paket layanan cloud yang cepat, aman dan selalu terpercaya! Jika Anda memiliki pertanyaan, Anda juga dapat menghubungi dukungan ninja legendaris Dewaweb, tersedia 24 jam sehari atau melalui situs web, meja bantuan, atau tiket bantuan.

Cara Membuat Jurnal di Open Journal System

Step 1 – Login Admin

Login terlebih dulu sebagai Administrator di halaman login OJS.

Step 2 – Create

Klik menu Create Journal untuk membuat jurnalnya. Agar dapat membuat jurnal ini, kamu harus memiliki akun user dengan level minimal Author.

Step 3 – Buat Jurnal

Isi beberapa informasi pada form tersebut.

Create Journal

  1. Journal Title: Judul jurnal yang ingin dibuat.
  2. Journal Description: Deskripsi pada jurnal yang ingin dibuat.
  3. Path: Disarankan pendek saja, karena untuk melihat jurnal tersebut secara publik harus melalui URL
  4. Jika sudah selesai diisi, jangan lupa klik Save.

Step 4 – Atur Wizard

Setelah mengisi data pada Create Journal, akan muncul Settings Wizard yang perlu diisi lagi namun lebih kompleks.

Isilah sesuai kebutuhan, untuk ke Contact, Appreance, Submission, Indexing, dan Users perlu mengklik Continue dan kamu akan diarahkan secara bertahap ke menu-menu tersebut.

Jika sudah diisi semua dan sudah dipastikan sesuai, klik Finish.

Step 5 – Selesai

Akses ke jurnalnya sesuai dengan path yang kamu isi, dengan format:

https://namadomain.com/pathjournal

Tampilan di atas menandakan bahwa kamu telah berhasil membuat sebuah jurnal.

Jurnal yang kamu submit ini bisa kamu ubah jika ada perubahan di kemudian hari dan akan kembali ter-update di website.

Demikian artikel cara membuat jurnal di Open Journal System (OJS), jangan sungkan untuk meninggalkan ide-ide topik yang ingin kamu baca di blog Nusa Agency, ya. Semoga artikel ini membantu!

Similar Posts

Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *